Kakak, tau psoriasis? Kalau kutip penjelasan dr. Arthur, SpKK (IG dokterkulitkucom) psoriasis adalah kondisi kronis autoimun yang menyebabkan badan kita cepat sekali buat sel kulit baru sehingga menumpuk di permukaan, dan area sekitarnya mudah inflamasi. Psoriasis tidak menular, tapi mungkin saja diturunkan. Tidak bisa disembuhkan, tapi BISA DIKENDALIKAN (dan didoakan πŸ˜…).

Jika memiliki kondisi seperti ini, seseorang (harusnya) bisa menalar dan melihat sendiri bahwa dia tidak banyak berkendali atas tubuhnya sendiri. Sudah berobat, tetap muncul ruam dan ‘ketombe’ sporadis tidak hanya di kepala. Sudah mencoba tidak stress, makan sehat, olahraga, tetap sekonyong-konyong kambuh. Pas flare up ya sudah, tidak bisa diapa-apakan. Ikhtiar lanjutkan saja pakai obat, berdoa dan berharap reda sendiri.

Tentu bukan hanya psoriasis yang bisa memunculkan rasa tak punya kendali ya. Banyak penyakit hereditari yang kalau kita punya gen-nya, ya siap-siap fisik & mental karena bisa kena penyakit yang sama dengan nenek/kakek kita atau ortu kita, tanpa bisa sepenuhnya dihindari. Contohnya ya resiko kanker payudara, diabet, penyakit jantung, alzheimer, dsb.

Pun misal bukan penyakit turunan, sesimpel flu biasa memangnya kita bisa atur kapan datangnya? Nafsu makan saja susah dikendalikan, segala maksa turun berat badan 🫠 Hal-hal simpel ini bukan dalam kendali kita loh..

Maka jujuuur, heran banget Kak sama mereka yang gila kendali alias [#controlfreak]. Apa masalah mereka? Kenapa sebegitunya haus kendali? Mereka ini juga biasanya punya masalah amarah jika tidak punya kendali. Beruntung pengalaman adalah guru terbaik. Dari pengalaman, Kakak jadi tahu cara paling efektif menghadapi mereka ini. Bagaimanakah?

Do not give what they want the most, don’t ever let them control you πŸ™‚
Jangan takut melangkah pergi jika mereka ambil kemudi. Tentu harus bersiap dengan baku penuh intrik, karena mereka tak segan manipulasi. Kakak harus percaya diri, dan jangan lupa minta Tuhan kuatkan hati.

Because.. being kind to control freaks is being cruel to yourself (kata Jo Gifford dalam lifehack.org]

@30haribercerita
#30haribercerita #30hbc2308

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: